Bagaimana mengerjalan Laporan Realisasi APBDesa Semester Pertama ?
Dalam artikel ini admin akan berbagi cara mengerjakan LPJ realisasi APBDesa semester pertama. Di bagian akhir artikel Anda dapat mendownload format lengkap administrasi yang harus dikerjakan. Mudah-mudahan membantu.
Berikut kami uraikan tahapan demi tahapan bagaimana mengerjakannya.
- Buatlah surat pengantar yang ditujukan kepada Bupati/Walikota melalui Camat. Isi surat pengantar sekurang-kurangnya menyebutkan dasar pelaporan berupa pasal dalam Perbup/Perwali, yang mengharuskan Kepala Desa memnyampaikan LPJ realisasi APBDesa. Contoh di Kabupaten Majalengka disebutkan pada pasal 37 ayat 2 & 3 Perbup Nomor 14 tahun 2015 tentang Sistem dan Prosedur Pengelolaan Keuangan Desa. Contoh Surat Pengantar dapat didownload di bagian akhir.
- Buat laporan relisasi APBDesa bulan Januari s/d Juni tahun berjalan (6 bulan). Meskipun ada bulan yang nihil tetap harus dibuat. Disertakan sebagai lampiran LPJ Realisasi APBDesa.Contoh model administari dan pengisian sebagai berikut :
- Selanjutnya buatlah Laporan Realisasi APBDesa semester pertama sesuai format yang tersedia dan dapat diunduh dibagian akhir. Anda cukup mengisi kolom 1,2 dan 3 dengan mengcopi paste dari APBDesa yang telah ditetapkan. Dan mengisi kolom 4,5 dan 6 pada baris yang sesuai dengan angka sebagaimana lampiran bulan Juni. Selamat mengerjakan.
- Silakan klik untuk mengunduh. Format surat pengantar & LPJ Realisasi APBDesa Semester I silakan juga mengunduh format lampiran Laporan realisasi bulanan.